Donnerstag, 3. September 2015

Italia - Venesia - kota Gondola

Yup dari Verona, kami melanjutkan perjalanan ke Venesia dan menginap di salah satu tempat perkemahan. Jangan pernah membayangkan tempat perkemahan di indonesia yang tendanya harus dibangun sendiri. Di sana kami nginap di Wohnmobil (Mobil rumah) yang lengkap dengan t4 tidur, toilet dan bathroom. Kami tidak sempat mengabadikan kamar kami yang mungil dan kompleks perkemahan karena kecapean dan waktu itu lagi hujan di venesia. Sebelum beristirahat, kami pun mengeluarkan persediaan darurat yakni sarimie indonesia untuk menjanggal perut :) tapi kegembiraan harus ditutp dengan kekecewaan :P... Pertama, tidak ada garpu (saya yang seharusnya bertugas membawa garpu, tapi karena garpu salah satu benda tajam yang tidak boleh dibawa ke bagasi, akhirnya harus ditinggalkan di jerman). Kedua, tidak ada air panas di kamar. Mau ambil ke resepsionis, tapi tidak ada satu orang pun dari kami bertiga yang mau keluar kamar lagi :P... Mencoba pake air keran, tapi tidak berhasil... akhirnya mienya di buang :( dan diganti dengan (syukurnya masih ada) roti. Ok, malam pertama di venesia diiringi oleh hujan deras. dan keesokan paginya, matahari bersinar (tapi tetap dingin) terang seperti yang kami harapkan. Kan tidak lucu bolang ditemani hujan deras :)... Dari t4 perkemahan kami menuju ke pulau venesia dengan bus (lupa harga tiketnya tapi sekitar 3€) sekitar 20 menit. Di sana kami mempunyai 2 pilihan, antara menaiki boot dan langsung ke central atau jalan menyusuri gang2 yang bisa membuat orang tersesat walaupun ada map ditangan. Pilihan ke 2 yang kami ambil (namanya juga bolang ala ransel ;) ). Kami mengitari dan menikmati pulau ini selama 7 jam. Selain melihat gondola yang melintasi kanal-kanal, dan Piazza san Marco dengan Basilica di San Marco yang terkenal, kami juga mengunjungi gereja-gereja dan museum-museum salah satu museum biola, harpa, dll. Selama di venesia, saya bertanya-tanya, kenapa gereja-gerejanya berdekatan sekali... hanya sepuluh langkah eh sudah ada gereja lagi... tapi karena arsitekturnya yang berbeda-beda, maka langkah kamipun terhenti untuk melihat hasil karya tersebut :)... Dan di bawah ini hasil foto selama di kota gondola tersebut :) Santa Maria Gloriosa dei Frari Museo della Musica Jembatan Rialto Jembatan Rialto Piazza san Marco Piazza San Marco Piazza San Marco Basilica di San Marco Basilica di San Marco Basilica di San Marco Topeng yang menjadi salah satu oleh-oleh dari Venesia Dan inilah akhir perjalanan bolang di italia selama 4 hari penuh... dan hari ke 5 kami pun terbang kembali ke Frankfurt hahn dengan ryanair (ticket 14€) dari venezia treviso aeroporto. Jarak dari venesia mestre ke treviso hampir 45 menit dengan harga ticket bus 6€... Goodbye Italy :)