Samstag, 12. September 2015

Swiss Tour = Basel - Interlaken - Bern

Libur telah tiba hore hore hore... Liburan kali ini summer 2015 saya menjelajahi negara Yang dikenal sebagai negara produk jam... yup Swiss... Swiss terletak di selatan jerman, timur perancis, utara italia, dan barat Liechtenstein dan Austria. Dari Bielefeld (Jerman) menuju swiss sekitar 7 jam dengan ICE (kereta cepat). Kami (teman Vietnam dan saya) menginap di sebuah desa kecil yakni Huttwil Yang terletak di Antara Bern dan Luzern. Tour kami di swiss dimulai dari hiking di huttwil dan sekitarnya (ceritanya ada di postingan selanjutnya) dan beralanjut ke kota besar. Dengan tiket Gemeindeticket swiss Kita bisa menjelajahi swiss dalam seharian penuh dengan menggunakan kereta dari Yang paling pelan sampai tercepat. Hari Kamis (10 Sept) Ngoc (teman Vietnam) dan saya memulai tour kami dari huttwil jam 07.16. Dari Huttwil kami menuju ke Basel (dengan 2 kali umsteigen / ganti kereta yakni di Langenthal dan Olten). Sesampai di Basel jam 09.32 kami langsung menuju ke tempat2 wisata Yang menjadi daya Tarik dari kota Basel. Elisabethen Kirche (Gereja Elisabet) Tynguely Brunnen Spalentor (Stadttor) Basler Munster Gasse (lorong kecil) Mittlere Brücke (Jembatan) dengan latar belakang Gereja Basler Munster Dari Jembatan ini kami menuju ke pelabuhan fery Yang akan membawa kami menikmati keindahan Basel dari tengah-tengah sungai Rhein. Perjalanan ke Pelabuhan Dreieckländer memakan waktu sekitar 40 menit berjalan Kaki. Dalam perjalanan, banyak hasil karya seni Yang bisa dinikmati :) Menikmati keindahan Basel dari atas perahu Rathaus Marktplatz Basel Hauptbahnhof (Stasiun kereta api) Kereta Yang akan membawa kami ke Interlaken. Lama perjalanan sekitar 2 jam ke Interlaken. Sungai Aare di Interlaken dengan air warna turkis Salah satu gereja katolik di Interlaken, Yang pernah dikunjungi si maknae dari shinee :P Bergbahn Yang menuju ke Hardem Kulm, dari atas Kita bisa melihat kota Interlaken Interlaken adalah kota kecil Yang terletak di Antara dua danau yakni Thunsee dan Brinzersee. selain itu Interlaken bukan terkenal karena kotanya tapi karena dia merupakan satu2nya kota Yang menjadi tempat perhentian para wisatawan Yang akan menuju ke Jungfraujoch. Jungfrau adalah Salah satu puncak tertinggi di Austria dengan salju abadinya. Tapi sayang sekali kami tidak sempat menuju ke Jungfrau karena mahalnya pake banget sekitar 100franken. Walaupn demikian, kami memutuskan ke Grindelwald Yang dekat Jungfraujoch dan perjalanannya sekitar 30 menit.Dari Grindelwald kami bisa melihat salju abadi tersebut walaupn dari kejauhan. Dari Grindelwald kami menuju kembali ke Interlaken dan langsung ke Bern, ibukota swiss. Perjalan dari INterlaken ke Bern sekitar 55 menit. Kami menghabiskan sore menjelang malam di Bern, kota berlambang beruang. Rosengarten Pemandangan dari Rosengarten ke arah kota Bern Jembatan dekat Bärengraben (Kebun binatang untuk Beruang). Sayang sekali ketika kami di sana, Bärenpark tersebut lagi direnovasi :( Pemandangan sungai Aare dari taman Berner Munster Berner Munster Einstein Haus in Bern (Rumah Einstein di Bern) Ciri khas bangunan di kota tua Bern dengan lorong Yang kecil dan pendek Zytglogge Petualangan seharian kami berakhir di Menara Jam Bern ini... Petualangan selanjutnya adalah Luzern dan Zürich pada hari senin 14 Sept ;)